Jumat, 01 November 2013

Tugas Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer

TUGAS MATA KULIAH INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER (HUMAN COMPUTER AND INTERACTION
BAB 2 : THE COMPUTER

1.     Sebuah sistem komputer umumnya memiliki sebuah QWERTY keyboard, sebuah mouse, dan sebuah layar monitor berwarna. Biasanya sistem ini dilengkapi juga dengan loudspeakers.
Masukan (input) apa saja yang didukung oleh keyboard? Masukan apa saja yang didukung oleh mouse?
Apakah sistem ini beserta pirantinya memadai untuk semua macam aplikasi? Jika tidak, aplikasi macam apakah yang paling sesuai dengan sistem ini? Aplikasi macam apakah yang tidak sesuai dengan sistem ini?
                 
Jawaban : Masukan (input) yang didukung oleh keyboard adalah berupa data teks dan command (perintah), ketika tombol keyboard ditekan, maka tombol tersebut akan mengirimkan command ke CPU computer atau computer yang terhibung dengan atau tanpa kabel. Untuk kemudian akan muncul output pada monitor (screen).
Masukan (input) yang didukung oleh mouse adalah berupa gerakan atau movement dan tekanan (klik). Dimana keduanya digunakan untuk mengatur letak kursor , menunjuk sesuatu pada layar monitor (pointing) atau menggambar sesuatu (drawing) dan juga untuk memilih. Yang kemudian apa yang dipilih, digambar maupun ditunjuk akan muncul pada layar monitor.
Menurut saya, system computer yang memiliki sebuah QWERTY keyboard, sebuah mouse, sebuah layar monitor berwarna dan juga loudspeaker masih belum memadai untuk semua jenis aplikasi. Karena system computer tersebut masih membutuhkan hardware lain yang menunjang keberadaan sebuah computer. Sehingga nantinya ketika system tersebut memiliki hardware yang lengkap, maka akan mampu menjalankan aplikasi yang ada pada system dengan lebih maksimal.


Sebagai contoh, maka pada sebuah system computer diperlukan printer untuk melakukan cetak output berupa kertas. Juga dapat ditambahkan scanner untuk melakukan input berupa hasil scan data. Namun, seringkali system computer hanya memiliki piranti hardware tertentu saja, sesuai dengan kebutuhannya (pengguna). Dengan begitu mungkin juga mereka menggunakan prinsip efisiensi, sehingga hanya menggunakan piranti yang mereka butuhkan saja.

2.    Jika anda merancang sebuah keyboard untuk sebuah komputer modern, dan anda menginginkan bentuk dan tata letaknya (layout) mendukung kecepatan dan kemudahan untuk digunakan, maka informasi apa yang anda harus ketahui dan bagaimana hal itu mempengaruhi desain anda?

Jawaban :Informasi yang harus diketahui untuk menciptakan sebuah keyboard beserta pengaruhnya terhadap desain adalah sebagai berikut :
-      Mengetahui kebiasaan-kebiasaan user ketika melakukan pengetikan, dan kemudian dengan mengetahuinya maka kita akan dapat menentukan desain yang sesuai dengan kebutuhan
-      Mengetahui keadaan fisik dari user yang dituju. Untuk menyusun/membuat desain keyboard bagi orang yang memiliki keterbatasan, maka juga harus disesuaikan, tidak disamakan dengan desain bagi orang normal.
-      Mengetahui karakter yang sering dipakai oleh orang pada umumnya, dan kemudian karakter tersebut diletakkan tersebar pada keyboard, agar jari-jari kita dapat dengan mudah menjangkaunya. Dengan mengetahui hal tersebut, maka kta adapat menentukan karakter atau symbol yang dapat disertakan pada keyboard.

3.    Apakah yang dimaksud dengan fixed-pitch font dan variable-pitch font, dan perbedaannya? Apakah yang dimaksud dengan serif dan sans-serif, serta perbedaannya?

Jawaban :Fixed-Pitch Font adalah dimana setiap karakter dengan ukuran karakter yang sama memilki lebar atau ketebalan yang sama. Contoh : Courier
Variable-Pitch Font adalah dimana beberapa karakter dengan ukuran karakter (fontsize) yang sama memiliki lebar yang berbeda. Contoh : huruf i dan m.
Serif Font => karakter memiliki perbedaan pada gaya dan bentuk, sebagai contoh adalah dengan ujung karakter yang dimiringkan. Contoh : Palatino, Times New Roman
Sans-Serif Font => memiliki gaya atau bentuk pada akhir atau ujung karakter yang berbentuk persegi. Contoh : Helvetica

4.    Jelaskan perbedaan efek dari huruf kapital dan huruf kecil pada tampilan keluaran! Dalam hal apa masing-masing jenis tersebut lebih sesuai?

Jawaban : Penggunaan huruf capital dan huruf kecil dalam penulisan memiliki efek yang berbeda. Perbedaan tersebut diuraikan sebagai berikut :
-      Dengan huruf kecil, maka kita akan lebih mudah membaca kata atau kumpulan kata, namun huruf capital lebih baik digunakan untuk huruf yang berdri sendiri (individu) dan bukan kata.
-      Huruf capital biasanya digunakan untuk menyampaikna sesuatu yang tegas atau dengan ketegasan, sedangkan huruf kecil lebih lembut dan biasanya diguankan pada bentuk teks.

5.    Apakah yang dimaksud dengan page description language? Sebutkan contohnya!

Jawaban : Page Description Language dapat diartikan sebagai bahasa pemrograman dari mesin cetak atau printer. Page Description Language ini mengirimkan deskripsi dari halamaan-halaman yang akan dicetak, dimana setiap halaman memiliki deskripsi yang kompleks. Deskripsi yang dimaksud berupa perbedaan bitmap, garis, kurva, diagram, teks dengan perbedaan gaya penulisan (font) maupun ukuran dan lain-lain. Sehingga Page Description Language ini dapat mengubah hal kompleks tadi menjadi bitmap yang kemudian dikirim ke printer untuk dicetak.
contoh : PostCript

6.    Apakah yang dimaksud dengan resolusi sebuah citra (image)? Satuan apa yang digunakan untuk resolusi ini?

Jawaban : Resolusi sebuah citra (image) adalah detail yang digunakan untuk menunjukkan pixel dari screen (monitor) berupa lebar dan tinggi.
Satuan yang digunakan adalah pixel dan dpi (dot per inch).

7.    Jelaskan bagaimana mengatasi efek diskontinyu atau “patah-patah” pada garis diagonal yang tampak pada layar monitor!

Jawaban : Untuk menghilangkan efek diskontinyu atau garis patah-patah dapat dilakukan dengan memperbesar resolusi layar pada saat memulai pekerjaan, yang tentunya juga harus kompatibel dengan hardware computer tersebut. Bisa juga dengan memperhalus atau melembutkan tepi garis dengan menggunakan efek warna garis.

8.    Jelaskan perbedaan antara tampilan pada layar monitor (screen) dan pada halaman tercetak (page)! Apa sajakah yang sebaiknya dilakukan terhadap efek perbedaan ini untuk menjaga kenyaman pengguna?

Jawaban : Berikut merupakan beberapa perbedaan tampilan pada layar monitor dan pada halaman tercetak (page) :

-      Secara umum layar memiliki resolusi 720 dpi, sedangkan printer laser mempunyai 600 dpi
-      Pada printer menggunakan warna cyan, magenta, kuning dan hitam, sedangkan layar monitor menggunakan warna merah, hijau, biru (RGB)
-      Ukuran kertas A4 adalah 11 x 8 inchi, sedangkan pada layar monitor ukuran landscape adalah 8 x 11 inchi.

Untuk menjaga kenyamanan pengguna, maka pada saat membuat desain pada layar monitor untuk lebih memperhatikan perbedaan-perbedaan tersebut, sehingga hasil yang tercetak juga akan sesuai dengan yang diharapkan.

9.    Apakah yang dimaksud dengan “myth of the infinitely fast machine” ? Apa yang harus kita lakukan untuk menghindari mitos ini?

Jawaban : Myth Of The Infinitely Fast Machine adalah sebuah mitos yang menyatakan bahwa para desainer mendesain dan menganggap system yang dibuatnya akan berjalan cepat. Namun, anggapan tersebut akan membawa dampak buruk ketika sebuah system ternyata berjalan lebih lambat.
Untuk menghindari terjadi mitos ini, maka sebaiknya para desainer juga membuat/mendesain system sedetail mungkin dengan segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi, seperti respon lambat terhadap system misalnya.

10.  Jelaskan faktor-faktor dalam komputer yang dapat membatasi kecepatan dari sistem interaktif?

Jawaban : Factor-faktor yang dapat membatasi kecepatan dari system interaktif :
-      Computation Bound => ketika melakukan proses dengan data yang ebsar, maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama pula. Dan dengan keterbatasan system interaktif, maka proses akan berjalan lambat.
-      Storage Channel Bound => kemampuan mengakses memori pada banyak system interaktif yang berjalan bersamaan sangat penting, namun user akan menerima delay/penundaan ketika menyimpan update informasi
-      Graphic Bound => kemampuan interface (antarmuka) yang terbatas
-      Network Capacity => ketika sebuah computer terhubung ke jaringan, maka akan terjadi shared files (berbagi file antar computer pada sebuah jaringan). Dimana ketika kita mencoba mengakses file yang dibagi tadi, maka akan membutuhkan waktu yang lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar